Profil Program Studi

Program Studi Magister Informatika Universitas Udayana berdiri pada 12 Desember 2024 melalui keputusan Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi NOMOR 67/A/O/2024 dan berada di bawah pengelolaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Program ini memiliki visi menjadi program terkemuka yang mengembangkan pengetahuan akademik dan penelitian di bidang Sains Data untuk pelestarian warisan budaya dan bisnis pariwisata, dengan mengedepankan budaya Bali dan Indonesia. Keunikan program ini terletak pada pengembangan keilmuan di tiga bidang utama, yaitu Sains Data, Manajemen Informatika, dan Interaksi Manusia dan Komputer yang difokuskan pada pelestarian budaya dan pengembangan bisnis pariwisata.

Program Magister Informatika telah memenuhi peringkat Akreditasi Baik oleh LAMINFOKOM mulai 09 April 2025 dengan surat keputusan Nomor:039/SK/LAM-INFOKOM/Ak.Min/M/IV/2025

VISI

Mengembangkan keilmuan Informatika dengan pengembangan model dan/sistem berbasis Kecerdasan Buatan melalui pendekatan inter atau multidisipliner untuk menghasilkan lulusan yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya.

MISI

  1. Mengembangkan pendidikan magister yang unggul di bidang Informatika, dengan kurikulum berbasis riset dan teknologi terkini, khususnya Kecerdasan Buatan.
  2. Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan model dan sistem cerdas yang inovatif dan solutif untuk berbagai bidang kehidupan.
  3. Mengembangkan kolaborasi inter dan multidisipliner dalam kegiatan tridharma untuk menghasilkan luaran yang bermanfaat secara akademik dan praktis.
  4. Meningkatkan kontribusi pada pengembangan masyarakat dan budaya lokal melalui teknologi informasi, dengan menjunjung nilai-nilai kearifan lokal dan etika profesi.
  5. Mencetak lulusan yang unggul, mandiri, dan berbudaya, yang siap menjadi inovator, peneliti, atau profesional di bidang Informatika dan aplikasinya.

ILMU YANG DIPELAJARI

  • Sains Data (Data Science): Analisis big data, machine learning, deep learning, dan visualisasi data untuk mendukung pelestarian budaya dan bisnis pariwisata.
  • Manajemen Informatika (Informatics Management): Pengelolaan sistem informasi, keamanan informasi, sistem manajemen pengetahuan, dan proses bisnis berbasis TI.
  • Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction): Desain antarmuka pengguna, pengujian kebergunaan, UX research, dan pengembangan aplikasi yang berorientasi pada kenyamanan dan efisiensi pengguna.

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari mata kuliah penciri seperti Kecerdasan Buatan untuk Bisnis, Analisis Data dalam Pariwisata, dan Pemrosesan Bahasa Alami untuk pelestarian budaya.